Kamis, 04 Oktober 2012

Membuat Subdomain Pada Domain CO.CC

Kali ini saya akan memberikan tutorial membuat subdomain di domain co.cc. Artikel ini merupakan bagian dari rangkaian belajar membuat blog dengan mesin wordpress memanfaatkan domain gratis co.cc dan hosting gratis webhost. Artikel sebelumnya tentang tutorial membuat dimain co.cc, tutorial membuat hosting 000webhost dengan domain co.cc dan cara membuat blog wrodpress terkenal mungkin sudah Anda baca dan ikuti secara seksama. Jika anda lupa coba buka kembali artikel-artikel diatas.

Membuat sub domain untuk domain.co.cc memang yang paling banyak diminati saat ini mengingat keunggulan domain.co.cc yang cukup sederhana, mudah diingat dan tidak kalah menarik dengan domain berbayar. Oleh karena itu pada postingan kali ini saya mencoba menulis tutorial lengkap membuat subdomain pada domain co.cc yang dihosting di webhost sedikit mengulas bagaimana membuat sub domain pada domain.co.cc yang telah di hosting pada server gratis webhost.

Membuat subdomain apakah untuk keperluan membuat blog, forum atau yang lainnya. Misalkan domain.co.cc utama Anda telah diinstal wordpress dan ingin membuat subdomain yang digunakan untuk keperluan komunitas blog Anda seperti membuat subdomain untuk forum, maka nama domainnya menjadi forum.domain.co.cc atau sebaliknya domain utama telah diinstal website template atau joomla dan Anda ingin membuat blog dan tidak ingin memilih domain baru dan lebih memilih untuk membuat subdomain pada domain utama Anda misalkan subdomain untuk blog contoh: blog.domain.co.cc.

Kita langsung saja, cara membuat subdomain cukup sederhana saja Anda tinggal login ke account webhost dimana domain utama co.cc telah terdaftar. Kemudian menuju pada control panel (Go to CPanel) Lalu klik Subdomain. Perhatikan Screenshoot di bawah ini,


Catatan: 
Membuat subdomain untuk domain.co.cc bukan pada account co.cc Anda tapi pada account hosting, dalam hal ini account webhost Anda!
Kemudian ketik subdomain yang Anda inginkan pada kotak yang disediakan contoh: adik.helmiikhwanul. co.cc. jika Anda ingin membuat blog dengan subdomain atau Anda ingin membuat sebuah forum untuk domain utama Anda hingga menjadi forum.domain.co.cc maka ketik forum. Setelah menentukan subdomain lalu klik Create. Lebih jelas perhatikan screenshot dibawah ini,


Sejauh ini Anda telah berhasil membuat subdomain untuk domain.co.cc Anda. dan pada contoh di atas berarti subdomain Anda adalah blog.domainanda.co.cc. Blog sebagai sub domain yang Anda masukan otomatis menjadi sebuah directory (folder) pada Public Html di hosting webhost Anda. Contoh: /home/a5720183/public_html/blog.

Selanjutnya Adalah menginstal software yang diperlukan untuk subdomain tersebut apakah Anda memerlukan sebuah sotware untuk forum, blog, joomla, atau lainnya. Untuk menginstal software yang diperlukan Anda cukup menggunakan jasa Fantastico Autoinstaller. Caranya kembali ke Cpanel kemudian cari Fantastico Autoinstaller yang berada pada kumpulan Software / Services. Sejauh ini webhost menyediakan beberapa mesin yang bisa diinstal melalui Fantastico Autoinstaller diantaranya, WordPress, b2evolution, Joomla, Drupal, phpwebsite, phpbb, simplemachines (SMF) atau Coppermine untuk album photo online Anda.

Pilih salah satu software yang Anda perlukan kemudian klik New Installation. Misalkan Anda membuat sebuah forum dan menggunakan SMF simple machines, maka klik New Installation di SMF. Lalu ada 3 yang harus diisi dari 5 langkah, pertama Install in directory, pada Install in directory ketikan subdomain yang Anda buat sebelumnya, pada Admin access data ketika nama Admin untuk login pada software yang akan Anda instal nantinya, pada Password tentu saja ketikan password pilihan Anda. Lebih jauh perhatikan screenshot di bawah ini,


Setelah klik Instal tunggu beberapa saat hingga proses instalasi Fantastico Autoinstaller komplit. Setelah sekitar 2-5 menit lalu klik [Back to Auto-installer] lalu perhatikan software yang tadi di instal dan klik View Installation Details. Disana Anda akan mendapat informasi tentang akses ke software yang diinstal, admin area, admin username dan password.

Selamat Anda telah membuat subdomain! Jika pertama yang Anda lihat subdomainnya adalah http://domain.co.cc/forum jangan khawatir coba akses dengan http://forum.domain.co.cc. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar