Jumat, 05 Oktober 2012

Daftar Blog di Yahoo Site Explorer

Salah satu cara agar blog kita dapat terindeks di search engine adalah dengan mendaftarkan blog itu di berbagai search engine tersebut. Jika di Google Webmaster Tools ada Google Sitemap, di Microsoft (bing) ada fasilitas Bing Webmaster Center maka di Yahoo ada fasilitas Yahoo Site Explorer. Sekalipun namanya berbeda namun fungsinya sama, yaitu tools tersebut melakukan pemetaan terhadap blog anda.

Sehingga memudahkan robot search engine untuk menelusuri halaman-halaman blog anda. buat teman-teman yang tertarik optimasi SEO maka metode ini bisa anda terapkan pada blog anda. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah mendaftarkan blog wordpress di Yahoo Site Explorer
  1. Silahkan menuju Yahoo Site Explorer
  2. Kemudian, Anda akan diminta untuk Login ke account Yahoo dengan menggunakan Yahoo ID dan password Anda.
  3. Sign In Ke Yahoo
  4. Setelah berhasil Login, pada halaman My Sites, masukkan URL blog pada kotak input yang disediakan dan klik Add My Site
  5. Submit URL Blog ke Yahoo
  6. Selanjutnya, Anda akan dibawa kehalaman verifikasi blog. Ada 2 (dua) metode verifikasi yang bisa Anda pilih yaitu dengan mengupload file verifikasi dari Yahoo atau dengan memasang Meta TAG verifikasi. Agar lebih mudah, pilih By adding a META tag to my home page. Kemudian copy meta tag yang diberikan dan simpan dengan Notepad. Jangan tutup jendela tersebut!
  7. Verifikasi dengan Meta Tag
  8. Sekarang login ke Dashboard blog Anda untuk memasang meta tag verifikasi tadi.
  9. Untuk Anda pengguna Wordpress, klik Appearance » Editor. Disebalah kanan jendela Edit Themes, klik Heade (header.php). Letakkan meta tag verifikasi yang dicopy tadi setelah kode <head> atau sebelum kode </head> kemudian klik tombol Update File
  10. Pasang Kode Verifikasi di Wordpress
  11. Untuk Anda pengguna Blogger atau Blogspot, klik Rancangan (Design) » Edit HTML. Kemudian letakkan kode verifikasi setelah kode <head> atau sebelum kode </head>. Tambahkan tanda “/” (tanpa tanda kutip) di akhir kode verifikasi Anda. Jadi kodenya menjadi <META name=”y_key” content=”75667b2hshy6s4″ />. Biasanya di blogger, jika Anda tidak menambahkan tanda “/” dibelakang kode, penyimpanan temaplate akan gagal. Terakhir klik Simpan Template (Save Template).
  12. Pasang Kode Verifikasi di Blogger
  13. Setelah memasang kode verifikasi dari Yahoo tadi, kini kembalilah ke jendela Yahoo Site Explorer pada langkah 4 (empat) tadi. Selanjutnya klik tombol Ready to Authenticate untuk melakukan verifikasi.
  14. Jika penempatan kode verifikasi di blog benar, maka akan muncul halaman yang memberitahukan bahwa blog Anda telah terverifikasi. Jika tidak berhasil, coba periksa penempatan kode verifikasi dan klik tombol Ready to Authenticate sekali lagi.
  15. Verifikasi Yahoo Berhasil
Langkah-langkah mendaftarkan dan verifikasi blog ke Yahoo Site Explorer telah selesai sampai disini. Pada artikel selanjutnya, saya akan membahas cara submit sitemap blog ke Yahoo Site Explorer. Jadi, silahkan berlanggan artikel agar Anda segera mendapatkan update tersebut. Selamat Mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar