Kamis, 04 Oktober 2012

Merubah Title Blogspot Yang SEO Friendly = Traffic Meningkat

Pengertian sederhana SEO atau Search Engine Optimizer atau Search Engine Optimizing menurut saya pribadi berarti membuat konten (materi) dari portal, website, blog dikenali dan didata (diindeks) oleh search engine seperti Google, Yahoo, Bing, Lycos, dan search engine lainnya secara lebih optimal. Harapannya ketika orang atau user mencari sesuatu di internet melalui search engine dengan kata kunci (keyword) tertentu maka konten yang kita miliki dalam portal, website, atau blog dapat muncul dalam hasil pencarian.

SEO sendiri akan dianggap berhasil, jika posisi kita dalam halaman hasil pencarian berada pada urutan halaman-halaman awal, sebisa mungkin halaman pertama. Tapi tentu saja apa yang dicari oleh orang tersebut sesuai dengan konten yang kita miliki. Jadi tujuan akhir dari SEO ini adalah mendatangkan traffic (kunjungan) yang lebih banyak melalui search engine.

Dari pengertian sederhana di atas, saya ingin menginformasikan trik sederhana yang bisa dimanfaatkan oleh temen-temen yang baru belajar ngeblog atau ingin belajar bikin blog dengan Blogspot. Trik berikut berkaitan dengan Title tulisan/artikel dalam Blogspot dengan template/themes standar. Secara default (standar) title pada Blogspot adalah Judul (Nama) Blog itu sendiri (saat kita membuka Home, sedangkan saat membuka salah satu artikel maka title yang muncul adalah Nama Blog dilanjutkan dengan Judul Artikel.


Untuk format Title standar seperti di atas, bagi search engine kurang optimal, karena seluruh konten kita akan diawali oleh judul blog yang sama (apalagi jika judul blog kita panjang). Berbeda hasilnya jika Title diawali oleh Judul Artikel baru diikuti judul (nama) Blog, dengan demikian konten yang didata (diindeks) oleh search engine lebih bervariasi dan kemungkinan muncul dalam hasil pencarian halaman depan lebih besar.

Untuk merubah format Title di atas relatif mudah, berikut langkah-langkahnya. Setelah masuk ke panel admin, kita masuk ke menu Edit HTML.


Selanjutnya kita cari script Title seperti dibawah ini (script ini ada pada bagian atas, penulisan script secara default/standar ini ada pada template Blogspot standar, ada kemungkinan jika kita gunakan template bikinan pihak ketiga, maka penulisan script Title itu sendiri mungkin juga sudah berubah).

  1. <b:include data='blog' name='all-head-content'/>  
  2. <title><data:blog.pageTitle/></title>  
  3. <b:skin><![CDATA[/*  
Ganti script yang diberi tanda merah dengan script baru di bawah ini dan simpan template tersebut.
  1. <b:if cond='data:blog.pageType == &amp;quot;index&amp;quot;'>  
  2. <title><data:blog.title/></title>  
  3. <b:else/>  
  4. <title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>  
  5. </b:if>  
  6. <b:skin><![CDATA[  

Sekarang coba buka salah satu artikel dalam blog kita dan perhatingan Title-nya, jika berhasil maka sekarang format penulisan sudah berubah menjadi judul tulisan berada di depan diikuti judul blog. Dengan demikian title tulisan kita sudah lebih optimal, dan tinggal kita tunggu robot search engine mendata (mengindeks) konten blog kita.


Itu tadi sekilas informasi tentang format penulisan Title yang dianggap mampu mengoptimalkan SEO, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar