Kamis, 04 Oktober 2012

Cara Daftar Gratis Domain di Web.Id

Menurut berita yang saya baca di internet, saat ini kepengurusan domain tingkat negara id (indonesia) dipegang oleh pemerintah pada Departemen Kominfo. Depkominfo belum memutuskan harga untuk semua domainnya dan saat ini tidak mengenakan biaya untuk pendaftara domain baru. Domain berakhiran .id gratis yang paling mudah didapatkan oleh perseorangan adalah domain .web.id. Caranya cukup mudah dan tidak memerlukan biaya. Sejak di pindahnya proses pendaftaran .id di Indonesia dari idnic ke menkominfo membuat satu efek yang mengembirakan yaitu : daftar domain jadi gratis, nggak tahu sampai kapan gratisnya tapi sampai saya bikin panduan ini statusnya masih gratis

Berikut langkah-langkah untuk daftarnya :
1. Kunjungi situs ini http://register.net.id
2. Klik link register untuk mulai daftar account, isikan data-data yang benar, jangan sembarangan nanti bisa pusing sendiri kalau ada apa-apa .

 
Daftar domain namamu.web.id gratis

Ada beberapa potensi kesalahan yang bisa terjadi di sini khususnya saat harus mengisi karakter sebelum tombol register di klik.

 
Daftar domain namamu.web.id gratis

Lihat pesan kesalahannya, kl masih salah ulangi lagi input karakternya. Jika proses lancar, nggak ada yang salah maka akan muncul pesan sukses.

 
Daftar domain namamu.web.id gratis

Lanjutkan dengan mengecek email untuk melihat apakah email konfirmasi sudah sampai

 
Daftar domain namamu.web.id gratis

Klik link yang telah disediakan untuk mengaktifkan account Anda. Pastikan sampai muncul pesan seperti ini

 
Daftar domain namamu.web.id gratis

Selamat, jika Anda sudah mencapai tahap ini artinya anda sudah memiliki account yang bisa digunakan untuk mendaftarkan domain . id. Domain yang bisa didaftarkan tidak terbatas jumlahnya yang penting dokumen pelengkapnya ada. Sekarang kita coba untuk mendaftarkan domain yang kita inginkan, sengaja di pilih domain .web.id karena syaratnya gak susah cuman scan KTP saja . Anda bisa mendaftarkan domain untuk sekolah anda, perusahaan anda, koperasi simpan pinjam, nama salon apa aja deh.

Baik, kita langsung mulai aja:
1. Login kembali ke alamat tadi dengan username dan password Anda.
2. Klik link “domain management” di ikuti dengan klik link “register domain” , masukkan nama domain yang anda inginkan di ikuti dengan ekstensi yang di inginkan, misal co.id, net.id dsb lalu klik tombol “Check”.

 
Daftar domain namamu.web.id gratis

3. Jika domain yang di pilih masih tersedia, maka bisa dilanjutkan dengan klik link “register”, jika tidak silakan pilih domain lain.
4. Isikan data yang diperlukan, untuk primary server tergantung pada penyelenggara jasa hosting, biasanya data diberikan, contohnya pada portland, awardpace atau zoneedit
5. Jika prosesnya lancar, anda melihat halaman seperti ini :

 
Daftar domain namamu.web.id gratis

6. Selanjutnya scan KTP anda untuk disertakan pada proses berikutnya, yaitu”upload document page”.

 
Daftar domain namamu.web.id gratis

7. KTP ketika di scan menghasilkan 1 halaman sehingga pada jumlah halaman berisi 1.

 
Daftar domain namamu.web.id gratis

Muncul halaman “sukses”
8. Klik “link ini” untuk mengirim scan KTP yang sudah ada.

 
Daftar domain namamu.web.id gratis

9. Tunggu beberapa hari, nanti ada email dari pengelola bahwa permintaan anda di setujui atau di tolak

 
Daftar domain namamu.web.id gratis

10. Done, jangan lupa webnya di isi, jika ingin di kombinasikan dengan blog yang udah ada, misal di wordpress atau di blogspot, tinggal buat sebuah halaman yang isinya pake iframe dan link ke alamat blog tadi atau pake fasilitas forward yang di set di pengelola dns.

Kalau teman-teman semua tertarik untuk mendapatkan domain gratis di web.id segera daftar aja, mumpung gratis nih. 
Selamat mencoba

0 komentar:

Posting Komentar